Skill 2: Hati-hati terhadap Object of Preposition

 

Object of Preposition dapat kita artikan sebagai noun (kata benda), pronoun (kata ganti), gerund (V-ing), dan juga noun clause yang jatuh setelah preposisi (kata depan) seperti on, in, at, behind, dsb hingga membentuk frasa. Untuk lebih memahaminya silahkan kalian amati contoh berikut!

 

On              the table

Prep.          Noun Phrase

 

In               the kitchen

Prep.          Noun Phrase

 

Judul dari skill 2 adalah “Hati-hati terhadap Object of Preposition”. Yang dimaksud hati-hati disini adalah jangan sampai kalian keliru dengan mengatakan bahwa object of preposition adalah subject. Object of preposition tidak bisa menggantikan posisi subyek, sehingga kita kembali mengacu pada skill 1 bahwa syarat dari kalimat adalah memiliki subyek dan predikat. Artinya dalam soal nanti kalian harus mencari noun (kata benda), pronoun (kata ganti), gerund (V-ing), dan juga noun clause yang tidak ada preposisinya.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan contoh di bawah ini!

 

In the field will play football

 

Contoh tersebut bukanlah contoh dari kalimat karena walaupun sudah ada predikat “will”, namun tidak memiliki subyek. Frasa In the field bukanlah subyek. Kalau misal kata field atau frasa the field itu justru bisa menjadi subyek (secara struktur ya :v). Namun jika ada in di depannya, maka frase itu berubah menjadi object of preposition yang mana tidak bisa berperan sebagai subyek. Object of preposition sifatnya hanya pelengkap, yakni boleh ada dan boleh juga tidak ada dalam sebuah kalimat. Contoh yang tepat adalah contoh sebagai berikut.

 

In the field I will play football.

 

Kata I disini melengkapi puzzle yang kurang dari contoh di atas sehingga syarat kalimat menjadi sempurna, yakni terdapat subyek I dan predikat will. Jadi kunci dari TOEFL structure tetap bermuara pada skill 1. Jika belum menguasainya maka skill-skill selanjutnya akan tampak tidak berguna. Jika kalian belajar skill 1 silahkan buka laman ini:

 

https://ezgrammar21.blogspot.com/2020/08/sentence-with-one-clause-bercinta.html

 

Contoh soal!

1.      With his friend ............. found the movie theater

a.       Has

b.      He

c.       Later

d.      When

 

2.      In the last possible moment before take of ...... took his seat in the airplane.

a.       Will

b.      Soon

c.       The passengers

d.      Was

 

3.      Carilah pilihan yang salah!

Shopping in the downtown area of the city it has improved a lot in recent

A                           B                                    C           D

 

 

Jawaban:

 

1.      Dalam kalimat tersebut sudah ada predikatnya yaitu found. Namun, tidak ada subyeknya disini. Kenapa bukan with his friend? Jika tidak ada preposisi with, maka frasa his friend itu bisa menjadi subyek. Dikarenakan sebelumnya terdapat preposisi with, maka terbentuklah object of preposition with his friend yang mana ia tidak dapat berperan sebagai subyek. Oleh karena itu yang masih kurang dalam soal di atas adalah subyek. Jadi diantara pilihan yang tersedia kita hanya perlu mencari subyek sebagai jawaban yang tepat. Jawaban terbaik adalah pilihan (b) karena he merpukan pronoun yang tentu bisa berperan sebagai subyek.

 

2.      Dalam kalimat tersebut sudah ada predikatnya yaitu took. Namun, tidak ada subyeknya disini. Kenapa bukan In the last possible moment? Penjelasannya sama seperti jawaban nomor satu, yakni itu merupakan object of preposition dengan preposisi in. Oleh karena itu, jawaban terbaik adalah pilihan (c) karena the passengers merupakan noun phrase yang tentu bisa berperan sebagai subyek.

 

 

3.      Ini merupakan soal galau karena banyak yang merasa kesusahan dengan model soal seperti itu. Intinya disini kita perlu mencari pilihan yang salah sebagai jawaban yang benar :v.

Untuk menjawab soal seperti ini maka kita perlu menganalisisnya secara teliti. Skill I mengatakan bahwa pastikan kalimat memiliki minimal satu subyek dan predikat. Object of preposition sekali lagi penulis tegaskan tidak menjadi syarat kalimat, jadi boleh ada dan boleh tidak.

            Pilihan (A) merupakan gerund (Shop-ing) yang tentu berperan sebagai subyek. Oleh karena itu (A) adalah pilihan yang benar. Pilihan (B) juga merupakan pilihan yang benar karena frase in the downtown area merupakan object of preposition yang tidak mengubah keabsahan kalimat. Pilihan (D) juga benar karena improved adalah verb yang berperan sebagai predikat. Pilihan yang salah adalah (C). Lho kenapa bisa (C) padahal it kan subyek? Bukankah subyek bisa lebih dari satu? Ya memang benar subyek bisa lebih dari satu asalkan dipisahkan oleh kata hubung (and, but, or, dsb) dan tanda koma (,). Jadi jawaban yang benar adalah (C) it merupakan subyek yang mubadzir dan perlu kita singkirkan :v.

 

 

Sekian untuk skill 2, Semoga bermanfaat J

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sentence with One Clause (Bercinta dengan TOEFL secara Sederhana)

Be Careful with Past Participle (V3)

TOEFL EXERCISE (Skill 1-3)